Proposal Penawaran Kerjasama Bisnis dan Usaha

Kumpulan contoh proposal penawaran kerjasama bisnis usaha lengkap ini sangat berguna bagi mereka yang ingin memanfaatkan peluang usaha yang memang masih terbuka luas saat ini.


Sebelum mengajukan kerja sama memang sebaiknya disiapkan dengan matang kerangka dari perencanaan bisnis atau usaha serta proyeksinya untuk beberapa periode kedepan, sehingga dapat dilihat apakah bisnis usaha tersebut menghasilkan profit yang memadai atau tidak.

Terdapat macam proposal atau jenis proposal penawaran kerjasama usaha bisnis berdasarkan sasaran atau target yang dituju, yaitu:
1. Proposal kerjasama untuk investor atau penanam modal, baik asing maupun dalam negeri.
2. Proposal kerjasama untuk calon klien, umumnya untuk swasta di luar pemerintah.
3. proposal kerjasama untuk sponsorship
4. proposal kerjasama untuk pemerintah dan masyarakat

Apakah dibutuhkan keahlian khusus dalam membuat proposal bisnis? Pertanyaan ini pasti terbayang dalam pikiran Anda. Saya cukup yakin menjawab bahwa tidak perlu keahlian khusus untuk mengetahui cara membuat proposal yang baik dan benar. Yang terpenting adalah Anda mengetahui standar kerangka penyusunan proposal usaha dan menyiapkannya sebaik dan semenarik mungkin , sehingga siapa saja yang membaca proposal bisnis tersebut menjadi yakin dan bersedia mendukung ide usaha Anda.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah selalu memeriksa kembali isi dari proposal kerjasama tersebut, cek kesalahan pengetikan, periksa lagi kalkulasi penjumlahan pengurangan perkalian dan penambahannya, cek penomoran halaman, penyebutan nama dan jabatan, tanggal pengajuan, dan jangan segan meminta orang lain memeriksa kembali seluruh isi penawaran tersebut.

Mudah-mudahan kumpulan lengkap contoh surat proposal penawaran kerjasama usaha dan bisnis ini dapat bermanfaat. Silahkan diunduh secara gratis alias free download proposal kerja sama. Artikel ini melengkapi posting sebelumnya mengenai kumpulan contoh proposal usaha bisnis gratis download.

Contoh Proposal Kerjasama Pengembangan Usaha
Contoh Proposal Penelitian

Contoh Proposal Penawaran Kerja Sama :
Contoh Proposal Penawaran Kerjasama Dengan Rumah Sakit
Contoh Proposal Penawaran Pembuatan Website
Contoh Proposal Bisnis Kerjasama Usaha Warnet Tekhnologi IT
Contoh proposal kewirausahaan rental sewa komputer